TIM DISDIKBUD TALA TURUT PENYEMPROTAN MASSAL DI TERMINAL

0
11

Dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas, Jamaluddin, M.Pd, tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut turut berpartisipasi langsung dalam kegiatan penyemprotan massal dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19 atau corona di tempat atau fasilitas umum di Kota Pelaihari dan sekitarnya. Adapun anggota tim yang yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari Anang Ifansyah, Bakti P, Anang Haryanto, dan Maslani dari Bidang Bina Dikdas, Amperansyah dari Bidang Kebudayaan, Noor Asikin dari Bagian Umum dan Kepegawaian, Rubiah dan Rahmad Hadi dari Bidang Ketenagaan.  Sedangkan peralatan yang dibawa dan digunakan ada sebanyak 7 seprotan yang telah diisi cairan disinfektan sejak pagi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut sebelum berangkat ke terminal Tanah Habang Pelaihari sekitar pukul 08.100 WITA.

Lokasi kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan yang oleh tim  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut tersebut sesuai dengan  lokasi yang telah diberikan oleh pihak Pemda Tanah Laut , yiatu wilayah Terminal Tanah Habang Pelaihari. Sesampai di lokasi kegiatan penyemprotan, masing-masing tim berembug untuk menentukan objek yang akan disemprot,  karena saat itu memang tidak ada pengarahan umum kepada semua tim. Tim menentukan sendiri objek dan lokasi kegiatan penyemprotan sekitar terminal yang berseberangan dengan Pasar Parabola Pelaihari tersebut.  Seusai menentukan lokasi dan objek yang akan disemprot, maka pada  sekitar pukul 08.30 WITA  masing-masing anggota tim yang membawa alat semprotan dan memakai kelengkapan seadanya mulai menyemprot objek atau benda yang diperkirakan menjadi tempat yang dapat menyebarkan virus, seperti tempat duduk, meja, tiang, dan sebagainya.

Sepanjang kegiatan penyemprotan yang dilakukan oleh tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut tidak ada kendala yang berarti, meski kondisi cuaca saat itu hujan rintik-rintik. Dengan banyaknya anggota tim yang melakukan penyemprotan dan adanya pembagian tugas dengan anggota tim dari Dinas Kesehatan, maka proses penyemprotan dapat dilaksanakan pada tempat atau objek yang telah ditentukan sekitar terminal.  Dalam proses penyemprotan tersebut, anggota tim Dinas Pendidikan dan Kebudayan juga sempat melakukan penyemprotan terhadap beberapa mobil taksi dan truks barang yang masuk terminal saat itu. Proses penyemprotan disinfektan yang bersifat massal oleh instansi atau SKPD di lingkup Pemerintah Daerah Tanah Laut sesuai dengan lokasi masing-masing berjalan dengan lancar.

Seusai melakukan penyemprotan di terminal pada sekitar pukul 09.30 WITA, maka tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melanjutkan penyemprotan di kantor sendiri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut yang berada di Komplek Perkantoran Gagas , yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Terminal Tanah Habang Pelaihari. Kembali, anggota tim beraksi melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran virus covid-19 di lingkungan kantor yang hampir setiap hari selama hari kerja datang banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Tabung semprotan yang tadi habis dipakai saat diterminal kembali diisi untuk kegiatan penyemprotan pada setiap sudut di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut yang relatif luas dan banyak objek atau tempat yang harus disemprot.

Kegiatan penyemprotan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut berlangsung sekitar satu jam yang dilakukan oleh beberapa anggota tim, termasuk Plt Kepala Dinas, Jamaluddin, M.Pd.  Sekitar pukul 11.00 WITA proses penyemprotan di lingkungan kantor,  termasuk ke beberapa ruangan selesai dilakukan, dan selanjutnya anggota tim berisitihat untuk melepaskan lelah sejenak sebelum pulang ke rumah masing-masing. Sementara itu, kondisi cuaca mulai membaik, matahari pun mulai menampakkan sinarnya di sela-sela awan hitam yang masih menggelayut di atas bumi Kota Pelaihari dan sekitarnya. Syukur alhamdulillah, tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut telah dapat melaksanakan tugasnya, baik di Terminal Tanah Abang Pelaihari maupun di lingkungan kantor sendiri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut. Semoga bermanfaat dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid-19  yang semakin meluas dan masiv. Semoga.

 

Views All Time
Views All Time
16
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN SESI DI RUMAH SAJA. Part 3. Bersih-Bersih Rumah dan Lingkungan
Next articleKOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY