Kendahe, 12 Maret 2020

Ikatan Guru Indonesia melalui Pengurus Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe kembali menggelar kegiatan berupa Training of Coach (TOC) pada Kamis, 12 Maret 2020. Bertempat di SMP Negeri 2 Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe lokasi yang berjarak sekitar 30-an KM dari Pusat Kota Tahuna dan berkisar 10 KM dari Bandara Naha Kepulauan Sangihe.

Adapun kegiatan terselenggara hasil tindak lanjut dari Meet and Greet PD IGI Sangihe pada beberapa waktu yang lalu (7/03) di SDN Tabukan Lama.

Kepala SMP Negeri 2 Kendahe (Viter V. Sahentombage, S.Pd, M.Pd) sangat termotivasi dengan pola pelatihan yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) lebih khusus di Sangihe. Sehingga, dengan inisiatif mengatur pelaksanaan kegiatan untuk para Guru IGIers, secara khusus yang ada di Sekolah yang dipimpinnya tersebut.

Pada kegiatan ini, kembali menghadirkan Pelatih Nasional IGI Jevery Paat, S.Pd (Guru SMKN 2 Tahuna) sebagai Narasumber yang adalah juga selaku Sekretaris Daerah IGI Sangihe Periode 2017-2022. Dengan materi pelatihan yaitu pemanfaatan Android sebagai media penilaian Evaluasi hasil belajar serta bagaimana menyusun soal berbasis online.

Para peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah SD, SMP serta Guru dari SMPN 2 Kendahe maupun dari beberapa Sekolah yang ada di Kecamatan Kendahe dan Kecamatan Tabukan Utara, bahkan ada yang jauh dari Kecamatan Tahuna, terlihat sangat antusias dan telaten mengikuti pemaparan materi yang langsung dipaparkan secara online oleh narasumber.

Paat, mengarahkan para Guru secara bertahap sampai dapat menghasilkan karya. Dimana pada kesempatan ini peserta di ajarkan membuat Lembar Jawaban Komputer (LJK) menggunakan aplikasi Zipgrade berbasis WEB dan Melalui Samrtphone/Android. Kegiatan yang dimulai sejak siang hingga menjelang malam tersebut, akhirnya menghasilkan karya berupa semua peserta dapat menyelesaikan membuat LJK sendiri sampai proses print out dan men-scan LJK tersebut dengan menggunakan android masing-masing.

Harapan dari narasumber bahwa nantinya setelah dapat membuat LJK, para Guru dapat menerapkannya dalam kegiatan evaluasi di Sekolah masing-masing.

Viter V. Sahentombage, sangat mengapresiasi materi yang disampaikan oleh narasumber karena ini adalah hal yang baru dan dapat dikatakan sangat praktiks dan mudah untuk dikerjakan serta dapat membantu Guru dalam pemanfaatan lembar jawaban yang sangat efektif serta murah dan mudah untuk dibuatnya.

Semua peserta yang hadir pada saat itu pun mendapatkan reward dari PD IGI Sangihe dimana ketika berhasil menerapkan penggunaan LJK dengan dibuktikan dengan hasil penggunaan LJK pada kegiatan evaluasi mata pelajaran masing-masing, maka Guru tersebut akan diberikan sertifikat sebagai tanda keberhasilan mengikuti pelatihan.

Bahkan sahut beberapa peserta saat kegiatan, mereka sangat kagum ternyata ada cara semudah ini yaitu membuat LJK dan dapat diperiksa melalui Handphone, kenapa tidak dari dulu kita mengetahui hal ini.

Di saat yang sama juga oleh Narasumber di berikan tips dan langkah-langkah menyusun soal evaluasi berbasis online malalui Google Form.

Pada akhir kegiatan ditutup dengan Doa, serta makan malam bersama sebelum kembali ke tempat masing-masing.*

 

Views All Time
Views All Time
11
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY