Travelling Tidak Lengkap Tanpa Gadget

0
159
Pulau Senpu (sumber poto :http://alam-maya.com/wp-content/uploads/2014/04/Wisata-Pulau-Sempu.jpg)
Hai penggila Travelling, Liburan menjadi hal yang menarik bagi siapapun, karena liburan merupakan kebutuhan bagi setiap individu setelah berkecimpung dengan rutinitas yang membosankan. Tentunya liburan menjadi pilihan yang menarik untuk merefresh otak maupun tubuh.
Saya jadi teringat liburan bersama teman-teman, awalnya jalan-jalan saja ke Pantai didaerah Malang selatan tepatnya di pantai Sendang Biru, namun ketika tiba disana ada keinginan untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Senpu.Akhirnya rombongan memarkirkan motor yang berjumlah 4 motor. Petugas parkirpun menanyakan apakah motornya mau di inap atau tidak. Saya menjawab inapkan saja dan kita membayar dua kali lipat dari yang tidak inap, sebesar Rp10.000.
Saya mengajak satu orang teman untuk menelusuri informasi yang bisa kita dapatkan agar bisa menyeberang ke Pulau Senpu, kita diarahkan oleh petugas parkir untuk menanyakan ke Kantor Konservasi yang berada sedikit keatas dari parkiran yang berjarak sekitar 200M. Ketika tiba dikantor yang dimaksud saya segera mengkonfirmasi informasi apa saja yang bisa saya dapatkan untuk bisa melakukan perjalanan ke Pulau Senpu.Petugas kantor menyampaikan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan perjalanan kelokasi yang dimaksud, diantaranya harus mendapatkan izin dari institusi konservasi karena daerah yang akan dijadikan tujuan adalah wilayah konservasi, memberikan data yang valid terhadap jumlah rombongan yang akan berangkat, setiap rombongan akan ditemani satu orang guide sebagai penilai pelaksana dilapangan, setiap rombongan mentaati aturan yang telah ditetapkan oleh badan konservasi.
Petugas juga menyampaikan setiap rombongan harus mempersiapkan fisik, peralatan, amunisi makanan ataupun minuman secukupnya.Waktu tempuh ke Pulau Senpu lebih kurang 1,5 jam perjalanan dari Pantai Sendang Biru, 20 menit menggunakan perahu nelayan dan selebihnya berjalan kaki dengan medan yang cukup panjang. Setiap rombongan sudah mempersiapkan semuanya karena dilokasi tidak ada penjualan apapun, air minum atau kebutuhan, serta jaringan telpon sama sekali tidak ada.
Perjalanan dari Pantai Sendang Biru ke Pulau Senpu (sumber foto : dokumen pribadi)
Informasi yang kami dapatkan tentunya menyurutkan langkah kaki kami, karena sama sekali tidak ada persiapan ataupun bekal untuk ke lokasi. Akhirnya keputusan rombongan batal melanjutkan perjalanan ke Pulau Senpu.
Sobat Traveller,
Pengalaman perjalanan tersebut mengajarkan kami untuk lebih memperhatikan dan mempersiapkan dengan matang segala sesuatu yang terkait dengan destinasi wisata yang akan dituju. Biasanya traveller pemula mengabaikan hal yang demikian, mereka hanya bermodalkan semangat dan dana untuk melakukan travelling, sehingga hal-hal yang sangat penting terlupakan begitu saja, akibatnya dilapangan akan merepotkan diri sendiri.
Hal – hal demikian yang menjadi keharusan bagi setiap traveller, terutama saya dan rombongan lebih mempersiapkan segala sesuatu sebelum melakukan travelling. untuk itulah saya dan teman-teman mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai lokasi yang akan menjadi tujuan travelling. saya mengumpulkan beberapa catatan ataupun ulasan dari para backpacker yang telah menuliskan perjalanannya untuk bisa dijadikan sebagai referensi dalam melakukan travelling.Sekalipun anda yang masih pemula dengan mudah bisa mempersiapkan bekal yang harus ada sebelum memulai penjelajahan wisata yang diinginkan.
Saya pun mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan destinasi wiasata yang akan saya kunjungi yaitu Pulau Senpu. Mau tahu apa saja yang saya persiapkan. Yuks cek dibawah ini bro;
Knowledge
Travelling tanpa perencanaan yang matang akan berakhir dengan kekecewaan dan kejenuhan, untuk itu saya persiapakan dengan baik mulai dari memperhatikan kalender (pastinya dong tanggal merah) agar bisa lebih lama liburannya, lokasi tujuan , Infrastuktur jalan apakah setapak atau tidak, kendaraan yang akan digunakan apakah sewa atau pribadi, budaya Masyarakat (aturan adat setempat), Biaya yang dibutuhkan selama perjalanan.
Kebutuhan pribadi
Pakaian yang saya bawa tentunya baju kaos yang menyerap keringat, celana jenis bahan yang cepat kering karena lokasi yang dituju adalah Pulau Peralatan mandi kemasan lebih mudah dan ringan, Obat-obatan yang saya butuhkan terutama autan, minyak teloon atau minyak angin, hansaplas mana tau ada teman yang terluka. Sun blok karena kami akan berjemur menjadi wajib membawa jenis pelindung kulit, Sepatu gunung kebih nyaman digunakan saat berada dipantai dan medan perjalanan tracking.
Tas bahu
Mempermudahkan saya selama dalam perjalanan karena mampu memuat semua peralatan yang akan dibawa.
Image result for tas backpacker.jpg
Tas Backpacker (Sumber poto : http://cdn2.tstatic.net/style/foto/bank/images/tas-ransel_20170114_202405.jpg)
Gadget
Berikutnya yang tidak kalah penting adalah Gadget yang menjadi senjata andalan para traveller ataupun penggila photography karena benda yang satu ini akan menjadi dokumentasi berharga setiap perjalanan, sehingga menjadi wajib membawanya. Tapi tentunya sebelum mempergunakannya ada baiknya terlebih dahulu mengecek kondisi fisiknya. Untuk itu terlebih dahulu saya dan team memastikan semua perlengkapan yang berhubungan dengan dokumentasi tidak tertinggal. Antara lain :
Camera DSLR
DSLR dengan spesifikasi 18 mega fixel, menjadi sandanganku setiap dalam perjalanan. Camera ini beberapa kali zoom dan titik fokus yang tepat serta ditunjang fitur-fitur lapangan untuk objek yang bergerak, membekukan objek yang bergerak, memblurkan background sehingga hanya objek saja yang jelas serta keunggulan-keunggulan lainnya menjadikan DSLR selalu terdepan dalam hasil photo.
Sumber poto : https://www.rentacenter.com/medias/100021317-01.jpg?context=bWFzdGVyfGltYWdlc3wyODAyOXxpbWFnZS9qcGVnfHN5cy1tYXN0ZXIvaW1hZ2VzL2hkNC9oOGEvODgwMjM5OTE1ODMwMi8xMDAwMjEzMTdfMDEuanBnfDlhOTFlNDJlNmM3NDY0YTU0ZTc3NzFiMjc2OTU0MjZiMDE1YjM1N2ZiNDcyYWJjNDJlZTNmODFmMDYyYTlkOTI
Memory Card
Sebelum digunakan diformat terlebih dahulu agar saat digunakan spesifikasi ruang kosong, dan saya biasanya membawa 2 atau 3 memory dengan kapasitas 8GB dan 16GB.
Tripod
Tripod selain mengurangi kelelahan menopang beban kamera sangat menunjang dalam aktivitas dilapangan sebagai pemotretan long exposure atau shutter speed rendah, membantu mencapai angle sulit dalam pemotretan landscape.
Tripod
Lensa
Berbagai jenis lensa bisa kita gunakan tergantung kebutuhan dilapangan, saya biasa membawa lensa berukuran 18mm, 50mm dan 18-200mm, penggunaan sesuai kebutuhan objek yang akan menjadi sasaran dalam pemotretan
lensa
 Battery charge
Biasa saya saya membawa dua buah jenis batrai untuk kamera dan 4buah batrai untuk flash.
Kabel USB
Kabel ini digunakan untuk memudahkan saya memindahkan data atau foto yang berada didalam kamera atau hp.
Tablet
Gadget yang satu ini tergantung kondisi saya bawa atau tidaknya. Tablet dengan ukuran layar lebih besar dibanding smartphone menjadikan tablet sebagai pilihan yang tepat dibawa. Tablet dengan layar yang besar bisa menjadi teman saat didalam perjalanan didalam kereta sambil main game, nonton video, video call dll. Layar yang lebar lebih memberikan kepuasan jika dijadikan sebagai tontonan.Mau mendengarkan musik lebih asik jika disambungkan dengan handsfree atau headphone
Handphone atau seluler (HP)
Ukuran yang kecil ditunjang dengan spesifikasi yang tinggi dan fitur yang menarik membuat HP sebagai pilihan sederhana dan ringan dalam mendokumentasikan perjalanan sobat traveller selama liburan. HP menjadi pilihan terbaik dalam mendokumentasikan photo atau video liburan. Fitur-fitur menarik seperti game, medsos, edit video atau fhoto, music,dll akan menjadikan liburan tidak membosankan. Tidak kalah penting sobat traveller bisa download aflikasi sesuai kebutuhan. Banyak aflikasi yang memberikan kemudahan dalam travelling dengan harga yang murah dan bersaing bagi penyedia jasa travelling.
Laptop/notebook
Gadget yang satu ini bisa menjadi luapan perasaan sobat travller selama liburan, menuliskan keindahan alam, kejadian yang ditemui, keramahan penduduk lokal, ataupun teman yang membosankan selama travelling. Sobat traveller bisa mengetikkan tulisan panjang langsung ditempat liburan setelah istirahat. Jadi kejadian-kejadian yang dialami bisa langsung dituangkan kedalam laptop agar tidak terlupakan.
#Tips untuk peralatan Gadget dilapangan
*Jika lokasi yang dituju jauh dan minim penerangan bahkan sama sekali tidak ada listrik,pastikan batrai dan lampu cas anda mencukupi selama berada dilokasi.
*Kemasin (bungkus) peralatan gadget anda dengan kemasan kedap udara agar bisa menghindari debu, kondisi cuaca atau air (waterproof).
*Jangan meninggalkan peralatan gadget pada suhu yang tinggi sperti bagasi mobil ataupun tenda.
*pastikan kondisi optik bersih dan terhindar dari debu, jika terkena debu bersihkan dengan blower Itulah beberapa ulasan terkait peralatan apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk dibawa selama travelling.
Tentunya dengan tulisan ini bisa membantu sobat traveller untuk lebih matang mempersiapkan liburannya agar lebih berkesan dan menarik. Bagi sobat traveller yang masih bingung atau belum memiliki peralatan untuk dibawa pada saat travelling #elektronik city menyediakan berbagai kebutuhan terlengkap yang anda butuhkan dengan harga murah dan bersaing dan pastinya sesuai budget kantong anda. 15 tahun elektronik city bergelut dalam dunia bisnis teknologi menjadikan elektronik city menjadi terdepan dalam hal kebutuhan gadget, pelayanan, kualitas dan kepercayaan masyarakat yang tinggi. Elektronik city tersebar diseluruh Indonesia sehingga sobat traveller tidak sulit untuk mencari dan memenuhi kebutuhan gadget saat liburan ataupun memenuhi gaya hidup anda. Mari travelling bersamaelektronik city, -ulisan ini dilombakan dalam blog elektronik city bertema Alat Elektronik Teman Travelling-mu untuk memperingati15 tahun melayani Anda.
Tulisan ini pernah saya muat saat mengikuti lomba di link berikut :
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/bagoestahamiedalbanjari/travelling-tidak-lengkap-tanpa-gadget_584570d7b27a61e10f4b5537
Views All Time
Views All Time
285
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY