Ujian Madrasah Antara Integritas Siswa dan Jati Diri Bangsa

0
48
Foto :Koleksi Pribadi

Madrasah adalah lembaga pendidikan dibawah Kementerian Agama Republik Indonesia yang bercirikan Agama Islam.  Dalam pelaksanaan program pendidikan sama dengan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional,  dan kurikulumnya pun mengacu kepada Kurikulum yang berlaku yaitu Kurikulum 2013.

Oleh karena itu,  dalam mengukur kemampuan siswa selama mengikuti pendidikan di madrasah maka juga diberlakukan juga Ujian Madrasah.

Di madrasah ada beberapa bentuk ujian yang wajib diikuti dan dilewati oleh siswa madrasah,  yaitu Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK),  Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hari ini,  tanggal 13 Maret 2019 di mulai Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK)  untuk Madrasah Aliyah seluruh Indonesia.

Begitu pentingnya peranan ujian madrasah bagi siswa dalam memperkuat integritasnya dan memperkokoh jati diri kualitas bangsa Indonesia,  maka pada tahun ini Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI mengangkat tema dari Ujian Madrasah ini adalah Ujian Madrasah : Perkuat Integritas dan kokohkan Jati Diri Kualitas Bangsa.  

Integritas dan jati  diri adalah dua hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa,  karena dengan adanya integritas yang kuat segala permasalahan akan dapat di atasi.  Demikian juga dengan jati diri yang kokoh maka eksistensi kualitas suatu bangsa akan terwujud.

Fenomena sekarang ini,  bangsa Indonesia mulai luntur sikap dan tindakan masyarakatnya,  mula hilang rasa malu,  mulai terkikis sifat jujur dalam kehidupan sehari-harinya. Sehingga,  saat ini bangsa Indonesia di mata dunia mulai kehilangan jadi dirinya.  Oleh karena itu,  melalui Ujian madrasah ini mudah-mudahan integritas dan jati dirinya menjadi semakin kuat dan kokoh sehingga akan terwujud bangsa yang hebat dan bermartabat.

#selamat_ujian_madrasah_2019

Views All Time
Views All Time
83
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY