ULANGAN HARIAN DENGAN POWER POINT

0
179

Melaksanakan ulangan harian di sekolah favorit atau unggulan tidak menjadi masalah, karena input siswanya memiliki kompetensi yang dapat diandalkan. Rata-rata mereka memiliki motivasi belajar tinggi sehingga setiap kali ulangan harian ataupun ulangan umum mereka tenang mengerjakan soal, tidak gelisah karena telah mempersiapkan diri
sebelumnya. Jauh berbeda dengan sekolah pinggiran yang memiliki siswa dengan imput dan IQ rendah.
Ketika ulangan harian maupun ulangan umum, mereka selalu mencari cara bagaimana cara memperoleh nilai baik tanpa harus belajar. Berbagai trik-trik curang sering dilakukan, kadang guru/ pengawas harus ekstra keras mengawasinya.
Memberikan kesempatan pada siswa berbuat curang dalam mengerjakan ulangan harian sama saja tidak mendidik, melatih siswa untuk berbuat tidak jujur dan korupsi. Bagaimana nasib bangsa yang akan datang apabila guru tidak mampu mengendalikan siswanya dan mencegah perbuatan tercela.
    Penulis menemukan suatu strategi agar mereka tidak memiliki kesempatan berbuat curang dalam mengerjakan evaluasi, serta memotivasi untuk belajar pada kegiatan evaluasi selanjutnya, yaitu dengan menggunakan MS Power Point. Dengan bantuan power point siswa dibatasi waktunya dan ruang geraknya untuk mencontek maupun bekerja sama dengan siswa lainnya dalam mengerjakan soal ulangan harian. Tentunya dalam hal ini guru dituntut kreatif, dapat membuat media ulangan harian sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut : http://www.4shared.com/web/preview/pdf/kA8iLGr5ce
Manfaat ulangan harian dengan memanfaatkan power point antara lain :

  1. melatih siswa untuk berpikir dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat
  2. melatih siswa untuk menghargai waktu
  3. melatih siswa untuk bekerja sendiri (mandiri) dan jujur, karena dalam pelaksanaan evaluasi (ulangan harian) waktunya sangat dibatasi, sehingga tidak memberi kesempatan siswa untuk mencontek pada siswa lainnya.

Artikel selanjutnya :

  1. Penilaian Otomatis Ringankan Pekerjaan Guru
  2. Cara Mudah Membuat Evaluasi di Google dilengkapi analisis nilai
Views All Time
Views All Time
280
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY