Upaya meningkatkan interaksi belajar siswa selama PJJ dengan menerapkan Model VIBaL dengan kombinasi Media Mentimeter.com dan Zoom

1
50

Dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid. mengatakan bahwa secara psikologis, usia remaja 10–17 tahun pada dasarnya sedang dalam tahap senang meniru dan mengikuti hal-hal yang dianggap keren atau menantang. Issue yang viral di dunia maya akan cepat menjadi perhatian remaja. Hal ini jika tidak mendapat pendampingan yang layak, dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk bagi remaja dalam meresponnya.
Meski usia remaja merupakan peralihan menuju kedewasaan, menurut American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, area otak yang bertanggung jawab untuk berpikir pada remaja belum cukup matang. Sehingga, terkadang keputusan yang dibuat oleh para remaja cenderung labil.
Melalui Model Pembelajaran Viral Issue Based Learning (VIBaL), guru mengajak peran serta peserta didik untuk mencoba secara bijak merespon informasi-informasi viral yang sedang menjadi perbincangan publik, khususnya kalangan remaja.
Prasyarat suksesnya model ini terletak pada kekuatan pemahaman konsep materi. Dengan pemahaman tersebut, peserta didik diajak berkolaborasi merespon issue-issue viral yang menjadi konsern rekan sebayanya, baik secara nasional maupun internasional. Pembelajaran akhirnya menjadikan implementasi pribadi sebagai target utama. Guru harus menuntun para siswa menguatkan Budi pekerti yang menjadi nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Menghamba pada siswa dengan memberi mereka ruang bermain agar bisa menunjukkan kemampuannya merespon issue-issue viral secara ilmiah. Sejalan dengan nilai dan peran guru bahwa pendidik haruslah kolaboratif dan senantiasa berpihak pada murid.
Metimeter.com adalah platform semisal google form dan kahoot, berfungsi sebagai alat bantu saat presentasi, termasuk saat pembelajaran. Aplikasi yang digunakan audiens/siswa agar dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan. Diantara fungsinya adalah : membuat quiz, polling, voting, brainstorming sebelum atau disela-sela presentasi, tanya-jawab, refleksi diri, dan lain sebagainya.
Kombinasi media Mentimeter.com dan Zoom berfungsi diantaranya : 1) menstimulus emosi siswa agar terpacu secara optimal saat pembelajar; 2) menciptakan pembelajaran yang interaktif; 3) memberi ruang peran serta siswa selaku subjek pembelajaran; 4) membantu siswa mengorganisasikan pengetahuannya; 5) membantu siswa memahami materi; 6) menghadirkan pembelajaran yang riil sesuai dengan pengalaman yang dialami siswa.
Dengan menghadirkan pembelajaran yang kontekstual, diharapkan minat dan peran serta peserta didik optimal terekspresikan karena adanya ikatan emosional dengan konsern mereka di kehidupan sehari-hari.
Dalam pembelajaran IPS untuk Kelas VIII dengan materi Konflik dan Integrasi yang saya lakukan, dengan Jumlah kehadiran sebanya 50 siswa dan diambil sampel dari yang hadir sebanyak 27 siswa, tingkat kemudahan siswa dalam memahami pembelajaran sekita 79%, 87% untuk efektifitas penggunaan model VIBaL terhadap materi yang diajarkan, dan dicapai 80% tingkat keaktifan siswa.
Berdasarkan hasil refleksi di akhir pembelajaran baik secara lisan maupun olahan data, serta berdasarkan jurnal kolaborator, dapat disimpulkan ada peningkatan kualitas belajar dengan model pembelajara VIBaL dan media Mentimeter.com.
Sebagai catatan perbaikan, perlu dikembangkan lagi Model VIBaL dengan menggunakan varian media dan atau pendekatan yang berbeda. Dengan harapan kemerdekaan siswa dalam belajar yang sesuai kodratnya dapat lebih maksimal dicapai.

 

Views All Time
Views All Time
72
Views Today
Views Today
1

1 COMMENT

LEAVE A REPLY