VIRTUAL COORDINATOR TRAINING SEBAGAI WADAH PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERBASIS DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

0
106

Virtual Coordinator Training (VCT) merupakan pelatihan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan guru dalam pembelajaran jarak jauh yang berbasis Video Conference dan aplikasi webex merupakan sebagai sarana yang digunakan dalam kegiatan ini. Menerjemahkan konsep Virtual Coordinator disesuaikan dengan Indonesia disepakati membuat kegiatan Virtual Coordinator Training, maksimal peserta 100 pada bulan November 2018. Pematangan konsep VCT (Bangkok, 8-15 Oktober 2018). Kegiatan dalam bentuk virtual menggunakan video conference dengan platform webex sejak Januari 2019.

SEAMEO-SEAMOLEC merupakan organisasi yang bergerak dalam peningkatan kompetensi Guru bersama dengan Kemendikbud sebagai wadah yang memfasilitasi para Guru di seantero Indonesia  melalui pelatihan jarak jauh berbasis online. Sebagai wadah pelatihan yang dapat diikuti oleh siapa saja lebih khusus para Guru dari Sabang sampai Merauke berbasis digital maka para guru harus mengaksesnya melalui Laptop ataupun Smartphone, android tentunya wajib terkoneksi dengan internet (lewat sambungan WiFi maupun Paket Pulsa Internet melalui provider).

Itulah sebagian pengantar yang disampaikan oleh Jevery Paat saat mensosialisasikan tentang VCT pada kegiatan temu MGMP SMK se-Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Hotel Makatembo pada Jumat, 18 Oktober 2019 kemarin. Sebagai alumni VCT batch 2 yang diikuti sejak Januari 2019, Paat di daulat menjadi Instruktur Nasional VCT Batch 3 oleh PP SEAMEO pada tim Sulawesi Gorontalo Maluku (SulutGoMa) melalui SK yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, dengan membimbing para peserta lintas provinsi yaitu Guru dengan berbagai latar belakang pendidikan.

Sampai akhirnya Jevery Paat yang adalah Guru SMKN 2 Tahuna ini, di daulat menjadi KorProv VCT atas dedikasinya membimbing para peserta VCT Batch 3 hingga berhasil lulus, yang ditetapkan melalui SK dari Kemendikbud. Pria berdarah Minahasa kelahiran Manado 35 tahun silam ini pun telah meraih Sertifikat berstandart Internasional berkat kegigihannya dalam mengikuti pelatihan VCT ini sejak menjadi peserta sampai menjadi Instruktur yang dilalui selama kurang lebih 10 bulan terakhir. Hal ini jugalah yang menjadikannya sebagai Juara I Guru SMK Berprestasi tahun 2019 Sulawesi Utara yang mengentarnya sebagai Finalis Gurpres Tingkat Nasional Dikmensus Kategori Guru SMK berprestasi 2019, karena berbagai pengetahuan yang di dapat salah satunya dengan memanfaatkan berbagai aplikasi melalui pelatihan VCT ini, selain juga telah menghasilkan 4 Jurnal Ilmiah Pendidikan ber-ISSN, 6 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas dan 36 buku ber-ISBN sejak berkarier menjadi Guru ASN.

Pada kesempatan ini pun Paat memperkenalkan kepada para peserta kegiatan MGMP,  beberapa alumni VCT Sulut dari batch 3 sampai batch 5, yang kebetulan mereka merupakan Guru yang ada di Sulawesi Utara. Ini bukti nyata bahwa VCT merupakan pelatihan resmi dari Kemendikbud melalui SEAMEO-SEAMOLEC yang menggunakan Webex sebagai sarana pembelajaran yang Gratis dan tidak dipungut biaya, serta siapa saja dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai media pembelajaran berbasis Virtual di Sekolahnya. Daya tampung Webex melalui room meeting ialah 200 peserta sementara untuk Event meeting pesertanya bisa mencapai 1000.

Dalam kegiatan VCT para Guru yang mendaftar sebagai peserta dilatih untuk mengenal fitur-fitur webex serta tugas sebagai Host, Moderator, Presenter. Juga membuat Narasi, membuat daftar hadir secara online melalui aplikasi google form, jotform, dll. Bahkan pun peserta diajarkan cara untuk shorten link, merekam kegiatan vicon melalui aplikasi FastStone Capture. Dan sebagai bonusnya peserta akan mendapat berbagai materi menarik dari para rekan guru lainnya. Pada pelaksanaan VCT batch 5 yang dilaksanakan pada September 2019 yang lalu pelatihan VCT sudah terintegrasi dengan Rumah Belajar Kemendikbud. Selain ini juga dari VCT telah mempunyai manajemen berbasis LMS (Learning Management System), hal inilah yang menjadi keuntungan dan keunikan tersendiri dari VCT ini.

Ditempat yang sama pun Susi Desmiarti turut mengajak para Guru SMK agar mengikuti kegiatan ini, dimana Desmiarti yang adalah Guru SMKN 5 Manado sebagai Salah satu KorProv VCT Sulut menyampaikan kalau Batch 6 akan dilaksanakan pada Januari 2020 nanti sesuai petunjuk dari SEAMOLEC Kemendikbud.

Kini, Paat bersama para rekan kerja lainnya yang merupakan Koordinator VCT Provinsi Sulut: Fientje Watak, M.Pd; Susi Desmiarti, M.Pd; Siti Aminah, M.Pd bersama dengan para tim Instruktur yang adalah Guru-Guru hebat alumni VCT Provinsi Sulut akan terus berupaya mengembangkan wadah VCIC yang bekerjasama sama dengan SEAMOLEC Kemendikbud dan  LPMP Sulut sebagai wadah penjamin mutu pendidikan di Sulawesi Utara dalam memajukan Pendidikan di era revolusi indsutri 4.0.

Views All Time
Views All Time
140
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY