Virus Corona and The Power Of Thaharah

0
50

Coronavarius atau Covid-19 adalah wabah virus yang menjadi trending topik dan perhatian dunia saat ini. Virus yang menurut catatan perjalanannya berasal dari kota Wuhan Propinsi Hubei China ini menjadi momok bagi negara maju karena penyebarannya yang bergitu impresif. Siapa yang menyangka Negeri 1000 ulama Iran pun merasakan dampak dari serangan virus mematikan ini. Tentunya begitu besar dampak yang ditimbulkan oleh virus Corona kini terhadap negara-negara di dunia baik itu segi ekonomi, pariwisata, bisnis, olahraga dan hubungan diplomatik antar negara.

Begitu massif nya penyebaran virus ini bahkan sampai ke negara kita Indonesia. Beberapa waktu yang lalu bahkan presiden Joko Widodo pun langsung mengkonfirmasikan adanya dua orang WNI yang positif terserang virus Corona di Depok Jawa Barat. Hal itu terjadi karena adanya riwayat WNI sebagai penderita berhubungan langsung dengan WNA asal Jepang yang juga terindikasi positif Corona yang saat ini diisolasi di Malaysia.  Begitu cepat nya penyebaran virus Corona ini sehingga menjadi kecemasan bagi seluruh warga dunia.

Penelitian para pakar kesehatan baru-baru ini menemukan  bahwa  untuk melumpuhkan dan meminimalisir penyebaran virus Corona adalah dengan cara menjaga hidup bersih dengan sering mencuci tangan dengan air bersih dan sanitizer serta menjaga pori-pori tubuh dan kerongkongan selalu basah dengan air. Penelitian juga menemukan bahwasanya virus Corona tersebut akan mati oleh air dengan seringnya kita mencuci tangan dan bagian tubuh lainnya.

Langkah pencegahan di atas ternyata telah diterapkan dalam agama Islam dalam kesehariannya. Thaharah adalah konsep bersuci yang diajarkan dalam Islam. Wudhu’ adalah salah satu tatacara bersuci dengan menggunakan air bersih sebagai sarana. Mencuci tangan hingga diakhiri membasuh kaki hingga mata kaki merupakan tatacara wudhu’ yang diajarkan dalam Islam. Muslim yang taat secara otomatis setiap hari akan terjaga dari berbagai macam serangan virus karena lima kali dalam sehari mencuci tangan dengan cara berwudhu’.

Di dunia pendidikan khususnya Sekolah Dasar dimana sebagian besar waktu dan keseharian siswa mulai dari pagi hingga siang hari berada di sekolah, sudah seharusnya menerapkan cara hidup bersih melalui wudhu’ dalam pelaksanaan shalat zuhur berjemaah di sekolah atau di kelas masing-masing. Hal itu juga tidak terlepas dari peran guru yang membimbing, mengarahkan, menjadi teladan bagi siswa dalam penerapan konsep sehat melalui wudhu’ yang dilakukan. Penulis berkeyakinan jika konsep thaharah ini dapat dijalankan dengan baik dan benar bagi seluruh muslim maka akan dapat terhindar dari serangan virus Corona atau Covid 19 dan semacamnya.

Wallahu ‘alam bissawab.

Views All Time
Views All Time
20
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY