Waktu Yang Selalu Terjaga

0
16

Kering kerontang daun flamboyan di depan rumah yang mulai menggugurkan daunnya. Bagaimana tidak pohon yang berumur lebih dari 25 tahun itu kini meranggas. Pohon itu tak lagi meneduhkan, lalu bagaimanakah sebaiknya, apa dipotong saja ya? Ari bertanya kepada suaminya Adi, sayang sekali jik dipotong karena pohon itu menyimpan riwayat masa muda yang penuh tantangan, begitu katanya.

Kala itu tepat di bulan Februari di bulan ulang tahun Ari, Adi melamar Ari untuk membentuk keluarga baru dan berumah tangga. Tanpa persiapan mereka melangsungkan pernikahan dengan berbekal gaji bulanan saja untuk biaya pernikahan. Pernikahan yang diselenggarakan dengan sederhana hanya dihadiri oleh keluarga dan tetangga terdekat, jadi tanpa mengundang banyak orang.

Hari ini adalah 40 tahun pernikahan mereka, tidak ada masalah yang berarti yang membuat kami bertengkar selama mengarungi bahtera rumah tangga, semua dapat diatasi saling mengisi dan saling menyadari kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang sempurna. Begitu juga hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan sudah disadari oleh mereka. Sungguh pandai mengelola hati tak ada cela sedikitpun, tetapi sebagai seorang perempuan senjatanya adalah air mata, Ari sering menangis dan Adi selalu menghiburnya. Mesra dan saling pemaaf ternyata ada manusia seperti mereka.

Dalam pernikahannya diberi 2 orang anak laki-laki yang ganteng dan saat ini anak-anak mereka sudah berkeluarga dan mereka sudah menjalani masa pensiun dengan nyaman, aman dan tenteram. Kebiasaan keduanya mendidik anak-anak adalah dengan ketat dan sudah menjadi kebiasaan anak-anak meniru apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Berbahagia tanpa mempersulit keadaan, memaklumi akan tindakan masing-masing tanpa ada rasa jengkel dan kesal, semua dijalani dengan santai dan damai.

Demikian kisah ini yang diceritakan kepada penulis. Penulis percaya dan memahami bahwa tidak ada rumah tangga yang mulus tanpa ada perselisihan. Ada perselihan dan beda pendapatpun tidak harus diceritakan kepada orang lain, penulispun tidak mengorek keterangan yang lebih detail, biar menjadi rahasia mereka berdua. Simpan rahasia dalam-dalam sehingga tidak ada rahasia dan aib yang keluar dan menjadi manusia dewasa dan berkarakter.

Malang, Desember 2020

 

Views All Time
Views All Time
26
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY