Membangun Ekosistem Sekolah Berbasis TIK
Membangun Ekosistem Madrasah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

Perkembangan Dunia Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak positif terhadap
dunia pendidikan. Kecepatan arus informasi dan akses internet menjadi motivasi tersendiri terhadap para pendidik untuk dapat berselancar di dunia maya tanpa batas dalam mengakses berbagai informasi terkini mengenai dunia pendidikan, mencari berbagai referensi artikel pendidikan,
PTK (Penelitian Tindakan Kelas), metode atau strategi terkini dalam pembelajaran, berbagai perangkat administrasi kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas, dan berbagai perangkat administrasi untuk perkembangan sekolah.

Tumbuhnya ekosistem sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin masif di sekolah-sekolah seluruh Indonesia memberikan harapan yang positif terhadap kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Dalam mewujudkan ekosistem sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tersebut Ikatan Guru Indonesia Wilayah Nusa Tenggara Barat (IGI NTB) bekerja sama dengan Kelompok Kerja Madrasah Tsnawiyah (KKMTs) Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat telah mengadakan Workshop atau Lokakarya (pelatihan) bagi guru-guru madrasah yang tergabung dalam KKMTs tersebut. Adapun tema workshop yang dipilih dalam pelatihan tersebut adalah “Pembuatan Buku Digital Berbasis E-Pub“.

 

Output yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah terwujudnya guru-guru yang cakap dalam membuat Bahan Ajar (e-modul) Berbasis Digital yang nantinya dapat diakses oleh peserta didik melalui PC maupun gadget (android/ponsel pintar/HP). Sehingga mempermudah
peserta didik untuk belajar secara mandiri dimanapun tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan pola pembiasaan pembelajaran seperti ini, maka akan tercipta ekosistem belajar di sekolah 4C (Communicative, Collaborative, Critical Thinking, Creative and Innovative).

 

Workshop “Pembuatan Bahan Ajar (Buku Digital) Berbasis E-Pub” ini telah diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 2-3 Maret 2019 di Ruang Lab. Komputer MTs Riadlul Jannah NW Gangga Kabupaten Lombok Utara dan pesertanya adalah guru-guru madrasah yang tergabung dalam gugus atau KKMTs Kecamatan Gangga. Dalam workshop ini guru dilatih cara membuat buku digital dengan materi:

 

  1. Membuat Cover Buku Digital Bagian Depan dan Belakang
  2. Memformat teks tulisan (Font Size, Font Color, Border text, Text Formatting)
  3. Input image atau gambar
  4. Input Audio-video pembelajaran
  5. Membuat penilaian test tulis atau quiz online
  6. Cara Render Buku Digital di PC dan Android.

Berikut video kegiatan Workshop “Buku Digital

Video Workshop Digital Book

 

Pada kegiatan workshop ini para peserta dibimbing sampai dapat menghasilkan sebuah karya berupa “Buku Digital” yang nantinya dapat dimanfaatkan dan dikembangkan lebih lanjut sesuai mata pelajaran masing-masing. Antusiasme peserta dalam kegiatan ini sampai-sampai lupa untuk rehat atau coffe break, mereka asyik dengan penyusunan buku digital masing-masing dan waktu break pun dimanfaatkan untuk fokus membuat buku digital tersebut. Para peserta berharap agar workshop seperti ini diberikan waktu lebih lama dan berharap IGI NTB memperbanyak kegiatan-kegiatan workshop yang implementasinya langsung dirasakan seperti workshop buku digital ini. (HF)

 

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY