Workshop Pembelajaran Online Berbasis Microsoft Office 365. Bagian 2. Materi OneDrive dan Microsoft Form

0
10

Workshop Pembelajaran Online Berbasis Microsoft Office 365 dalam rangka Desiminasi TOT Guru Inovatif Kalimantan Selatan Angkatan 2020 untuk Tanah Laut dilaksanakan selama 3 hari, yaitu sejak tanggal 6 sampai tanggal 8 Juli 2020 dengan menggunakan Aplikasi Microsoft Teams.

Pada hari pertama, Senin (06/07/2020) Alhamdulillah kami bersama dua orang tim kelas kami dapat menggelar kegiatan Workshop tersebut dengan materi pertama, OneDrive yang disampaikan oleh Ibu Hj. Nurliana dan Materi Kedua tentang Microsoft Form yang disampaikan oleh Ibu Sari Rejeki dan penulis hanya sebagai moderator pada kegiatan tersebut.

Malam harinya penulis membuat meeting di Microsoft Teams dan menyampaikan linknya kepada peserta melalui grup WA yang telah kami buat dan Alhamdulillah pada pukul 09.00 kurang lebih peserta sudah mulai bisa masuk Teams tersebut walaupun ada beberapa peserta yang tidak bisa masuk karena salah kamar kelasnya.

Pada materi pertama tentang OneDrive, ibu Hj. Nurliana menyampaikan aplikasi ini bagaimana cara membuat folder, mengirimkan dan meng-upload file dari komputer ke OneDrive ini bahkan bagaimana menshare folder kepada orang lain.

Disamping itu, Hj. Nurliana juga menyampaikan kegunaan aplikasi OneDrive ini dan kerahasiaannya file yang kita simpan di aplikasi Microsoft Office ini sehingga berapa banyak file yang kita simpan tetap aman dengan kekuatan sebanyak 5 TeraBits.

Sedangkan pada materi kedua, Ibu Sari Rejeki menyampaikan tentang aplikasi Microsoft Form yaitu bagaimana membuat form untuk digunakan untuk survey atau pembuatan soal dalam pembelajaran online.

Microsoft Form ini hampir sama dengan aplikasi yang ada di Google Formulir akan tetapi tetapi ada kelebihan dan kelemahannya akan tetapi ini bisa digunakan dalam pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif di era Pandemi Covid-19 ini.

Ibu Sari Rejeki juga menyampaikan tentang bagaimana cara membuatnya, mengirimkan linknya bahkan cara melihat hasil dari pekerjaan siswa saat form ini diluncurkan kepada siswa.

Views All Time
Views All Time
14
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY