Workshop Sagusablog Live IGI Kabupaten Deliserdang menciptakan Guru-guru Go_Blog

0
31
Kompetensi Abad 21 dalam bidang Pendidikan sangat diperlukan dalam menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 Peran teknologi di bidang pendidikan merupakan hal yang tak lagi bisa dihindarkan. Kondisi faktual bahwa para siswa di zaman milineal  sudah tumbuh dan berkembang seiring dengan canggihnya teknologi menempatkan kondisi guru untuk harus selalu mengupdate kompetensinya terutama dibidang teknologi, kemampuan berinovasi dan berliterasi digital.
Merespon hal ini , Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Deliserdang melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru di bidang IT dan Literasi melalui Workshop Sagusablog. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Minggu, Tanggal 20 Januari 2019 di Aula SMAN 2 Lubuk Pakam. Kegiatan ini diikuti 130 orang  yang berasal dari Deliserdang, Medan, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Binjai, Langkat, Dairi dan Karo. Para peserta kegiatan juga berasal dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari Guru PAUD, TK, SD,MI, SMP,MTs, SMA dan SMK serta terdapat 1 orang mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSU.

Sebagai Keynote Speaker dalam kegiatan ini adalah  Plt. Kepala Dinas Pendidikan Deliserdang Ibu
Dr.Dra Hj. Miska Gewasari, M.M sekaligus membuka secara resmi. Turut hadir beserta beliau , Bapak Drs. Aswal S, M.Si mewakili Kacabdis L.Pakam Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara, Kabid Ketenagaan Pendidikan  Yusnaldi, M.Pd,Korwilcam Tanjungmorawa Tikwan Siregar, M.Pd, Korwilcam Lubuk Pakam  Nuraidah, M.Pd dan Ketua MKKS SMP Se Deliserdang  Jumakir, M.Pd serta Kepala SMAN 2 Lubuk Pakam Awaluddin, M.Pd.  Selain itu turut hadir pula perwakilan Pengurus IGI Pusat  Dewi Sri Indriati Kesuma, M. Si, Ketua Wilayah IGI Sumatera Utara  H. Muliadin Harahap, MM dan Ketua IGI Medan  Samiun Alim, M.Pd. Pelatih Nasional dan Tim Mentor yaitu Abdi Eka Tarigan, S.Pd, Ahmad Nawawi, S.Pd, M.M, Purnawanto, M.Si, Beni Muharram, S.Pd, Kamila Harahap, S.Pd dan Dewi Setiawati,

Dalam motivasinya sebagai Keynote Speaker Plt. Kadis Pendidikan Deliserdang Ibu Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari, MM. mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Workshop Sagusablog ini, dan mengucapkan terima kasih kepada IGI Deliserdang.” Kegiatan Workshop Sagusablog ini sangatlah bermanfaat bagi guru-guru dalam meningkatkan kemampuan mereka di bidang teknologi informasi dan literasi digital”,lanjut beliau. “Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan organisasi profesi guru, segala kegiatan yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru saya dukung. Bapak/Ibu guru yang hadir disini adalah guru pembelajar hebat yang rela keluar dari zona nyamannya, di hari libur datang dari berbagai daerah demi menambah ilmu dan keterampilannya. Tunjukkan kualitas Bapak/Ibu dalam bekerja dan suatu saat nanti orang lain akan mengakui kualitas diri bapak/ibu. Mari kuasai teknologi dan ubah midset peserta didik terhadap penggunaan teknologi yang positif pada kehidupan.  Tampilkan di blog bapak/ibu guru artikel-artikel pendidikan, materi pembelajaran dan pesan-pesan moral kependidikan. Jadikan blog bapak/ibu  guru sebagai media pembelajaran yang bisa diakses siswa sehingga meningkatkan kompetensi siswa dan mutu pembelajaran. Mari berprestasi, semangat berkreasi, jangan tutupi indahnya bintang-bintang prestasi dengan awan-awan kemalasan”.
Ketua Ikatan Guru Indonesia Ibu Rita Andriani Sitorus, S.Sos. mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan Deliserdang Ibu Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari, MM. sekaligus memberikan cendera mata Baju IGI dan 2 buah buku karya beliau sendiri berupa Buku Antologi Puisi “Bercinta dengan Mu” dan Antologi Puisi “Akrostik”. Selain Ketua IGI Deliserdang 3 orang guru penulis peserta Workshop Sagusablog juga memberikan bukunya kepada Ibu Dr. Dra. Hj Miska Gewasari, MM. yaitu Fadilah Rahmi Nasution, S.Sos dengan judul buku “Terciduk”, Wahidah Akmal, M.Pd dengan judul buku “Slamet Bocah Pembersih Makam” dan Puspa Nurmasyitah, S.Pd dengan judul buku ” Peningkatan Hasil Belajar Speaking Test Naratif melalui Media Paper-Puppets di SMP Negeri 3 Galang”.
Acara dilanjutkan dengan presentasi Ketua IGI Deliserdang Ibu Rita Andriani Sitorus, S.Sos mengenai  UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, overview Ikatan Guru Indonesia, visi, misi dan program kerja IGI. Beliau juga memperkenalkan 87 Kanal pelatihan IGI dan menyampaikan IGI Deliserdang fokus kepada 10 Kanal yaitu Sagusampe, Sagusablog, Sagusaku, Sagusanov, Sagumanisan, Sagusamik, sagusakti, sagusabest, sagubasway dan sagudelta di Tahun 2019.
 Satu hal yang menggembirakan adalah bahwa para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan worshop dari awal hingga akhir kegiatan. Kegiatan Workshop Sagusablog ini dibagi kedalam 3 kelas yakni Kelas A dengan pelatih Ahmad Nawawi, S.Pd, MM., dan Mentor Dewi Setiawati, S.Pd jumlah peserta 54 orang; Kelas B pelatih Purnawanto, M.Si dan Mentor Kamila Harahap, S.Pd jumlah peserta 38 orang dan Kelas C jumlah peserta 38 orang pelatih Abdi Eka Tarigan, S.Pd dan mentor Beni Muharram, S.Pd.  Kegiatan Workshop Sagusablog Live ini berakhir pukul 17.30 dengan hasil seluruh peserta telah memiliki blog dan telah menyetor nama blognya ke panitia. Kegiatan akan dilanjutkan secara online mulai tanggal 21 – 27 Januari 2019 sampai peserta memiliki blog keren sebagai media aktualisasi diri dan media pembelajaran. Jika peserta Lulus dalam Workshop Sagusablog Dasar ini, peserta dapat mengikuti Workshop Sagusablog Tingkat Lanjut secara online yang dilatih pelatih-pelatih nasional Sagusablog dan jika lulus mendapatkan sertifikat berjumlah 41 JP yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum IGI Pusat serta berhak menjadi Pelatih Nasional Sagusablog.

 

Views All Time
Views All Time
66
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY